The Aubree Brightening Serum Concentrate Review

the Aubree Brightening Serum concentrate

The Aubree Brightening Serum Concentrate merupakan serum pencerah sekaligus eksfoliator lembut dari the Aubree. Anyway, ini brand lokal Indonesia berbasis di Bandung. Aku pertama kali coba toner mereka, the Aubree botanical witch hazel toner, dan langsung jatuh cinta sama brand ini. 

Sampai sekarang aku sedang mencoba tiga produk the Aubree, yaitu toner, serum, dan face wash. Desain dan konsep produk yang simple menjadi daya tarik utama brand the Aubree. Plus, bahan-bahan dan karakter produk yang 'soft' membuat the Aubree mudah dipakai oleh banyak jenis kulit.

Nah, di sini kita akan bahas satu produk the Aubree yang sudah aku pakai sekitar 3 bulanan, jadi aku punya informasi yang cukup dalam tentang produk ini.

Kemasan the Aubree brightening serum

The Aubree brightening serum concentrate hadir dalam bentuk botol berpipet seperti serum-serum kebanyakan di pasaran. Bahan botol dari plastik yang cukup tebal sehingga memberikan kesan kokoh, tapi memiliki berat yang ringan.

Aubree Brightening Serum review

Pipetnya bagus. Tidak ada masalah sama sekali. Produk bisa diambil dengan baik oleh pipetnya. Good job untuk kualitas kemasannya.

Semua informasi produk juga sudah detail tertulis di kemasan boxnya. Mulai dari komposisi, warning, manufaktur, deskripsi produk, BPOM, expire date, dan cara pakai. Mesti banget aku bahas kemasan boxnya karena warnanya cantik. Abu purple gitu. Enggak tahu nama warnanya apa, pokoknya cantik.

the Aubree Brightening Serum review

Warning yang tertulis fokus pada kandungan AHA pada produk yang bisa menyebabkan reaksi hipersensitif pada kulit. Maksudnya setelah memakai produk ini kulit akan lebih sensitif terhadap panas atau cahaya sehingga disarankan untuk memakai sunscreen di siang hari atau menjauhi paparan cahaya matahari terlalu lama.

Anggap saja konsumen itu awam banget sama skincare. Nah, ada tulisan "produk mengandung AHA" pada bagian peringatan, tolong sekalian juga kasih tanda zat yang mengandung AHA itu yang mana. Btw, lactic acid itu nama lain dari AHA ya, guys.

the Aubree Brightening Serum review

Bagian informasi manufaktur cukup menarik nih. the Aubree brightening serum concentrate diproduksi oleh PT. Pillars Cosmetiklon Indonesia. Perusahaan ini ternyata memproduksi juga produk-produknya Whitelab. Jadi, the Aubree dan Whitelab tuh kek terlahir dari ibu yang sama, beda bapak (brand/peracik) hehe

Saran untuk the Aubree, akan lebih baik kalau di deskripsi produk dituliskan presentase niacinamide-nya. Kadang tiap orang perlu konsentrasi yang berbeda-beda mulai dari 1%, 2%, dan 5%. Nah, kalau yang produk boosternya ditulisin dengan jelas 10%, tapi di produk ini enggak. 

Tekstur the Aubree

Tekstur serum the Aubree berupa cairan kental berwarna putih, tapi warnanya tidak terlalu pekat. Cairan kental ini tidak lengket sehingga mudah dan nyaman saat diratakan di kulit. Kecepatan menyerapnya juga lumayan cepat. 

Saat dipakai akan ada rasa hangat dan sedikit tingling sensation di awal-awal. Kalau kena jerawat kecil, rasanya lumayan perih. Menggelitik. Besoknya jerawat kecil kering.

Aku juga merasa ada sensasi bau alkohol sejenis anggur. Enggak menusuk tapi agak hangat. 

Aku belum pernah minum anggur merah, tapi dulu suka makan tape beras hitam wkwkwk 🤣 sensasi hangatnya mirip kek gitu. Trus aku juga pernah pakai neogen pad warna ungu yang digosok2 itu loh. Hangat dan karakter wanginya sama, jenis fermentasi2an.

Sejauh ini aku tidak memiliki sesuatu untuk dikomplain di bagian teksturnya. Enak dan nyaman dipakai.

Komposisi utama

The Aubree sudah mengklaim produknya bebas dari paraben, animal testing/cruelty (penyiksaan), mineral oil, dan bahan toxic. Untuk menggantikan paraben mereka pakai sodium benzoate. 

Kita menuju ke bahan-bahan unggulannya yuks. Aku tuliskan dari yang paling awal muncul di barisan komposisi ya. Ada alpha arbutin, niacinamide, dan lactic acid (AHA). Mereka mengklaim perpaduan ketiga bahan tersebut masih aman untuk semua tipe kulit.

the Aubree Brightening Serum review

Seperti yang aku tulis di section kemasan, presentase niacinamidenya tidak dituliskan. Jadi aku mesti cek di akun resminya. Tertulis presentasi dari ketiga bahan utama tadi ada di level 2% sehingga produk ini termasuk produk yang lembut. Harusnya memang tidak memicu iritasi pada kulit normal.

Dengan bahan yang mild tersebut, the Aubree brightening serum cocok untuk para pemula yang belum pernah atau belum terbiasa dengan produk eksfoliasi kimia. Pemakaian produk pencerah ataupun eksfoliasi bertahap, mulai dari 1-2% baru ke 5%, ditujukan untuk meminimalisir efek iritasi yang timbul dan supaya kulit enggak kaget juga.

Ada hal yang mesti ditanyakan juga dalam racikan brightening serum concentrate the Aubree ini. Aku baca-baca beberapa tulisan tentang penggabungan beberapa zat dalam produk skincare. Nah, niacinamide dan zat AHA itu bukan pasangan ideal.

Keefektifan niacinamide akan berkurang apabila digabungkan dengan AHA/BHA karena peran mereka berlawanan. Niacinamide memperbaiki tekstur kulit sedangkan AHA/BHA berperan merusak lapisan kulit (eksfoliator). Katanya sih gitu, ya.

Demi keefektifan dan keefisienan produk lebih baik the Aubree ambil salah satu apakah serum ini mau pakai AHA atau niacinamide.

Kegunaan

Alpha arbutin ternyata merupakan senyawa turunan dari hydroquinone. Baru tahu aku tuh. Tidak seperti mamahnya yang beracun, alpha arbutin tergolong aman dan lebih lembut dalam mencerahkan kulit. Zat ini yang diharapkan bisa menekan pembentukan hiperpigmentasi di kulit.

Lactic acid alias AHA berfungsi sebagai eksfoliator. Dia yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah alias glowing.

Terakhir, niacinamide, zat paling populer saat ini dalam membantu memperbaiki tekstur kulit. Bisa untuk mengatasi kulit berminyak, hiperpigmentasi, warna kulit tidak merata, dan kulit kering. 

Dari ketiga bahan utama tadi, muncul lah tiga kegunaan utama dari produk ini:

  1. brightening/mencerahkan
  2. exfoliating/mengangkat sel mati kulit
  3. hydrating/melembabkan

Cara pakai

Ambil produk dengan pipet. Tuangkan ke tangan. Hati-hati ya kalau mau langsung dituang ke kulit wajah. Usahakan pipet tidak mengenai kulit untuk menjaga kebersihan produk.

Aplikasikan serum secara merata ke seluruh kulit wajah dan leher secara lembut agar produk terserap sempurna.

Sayang banget, di bagian cara pakainya tidak dituliskan kapan dan berapa tinggi frekuensi penggunaan produk. Lagi-lagi kita harus mengecek akun resmi. Aku lihat di poster produk pada akun Tokopedia mereka. Dianjurkan untuk menggunakan produk ini malam hari. 

Siang hari juga bisa, tapi resiko kulit terbakar lebih tinggi hehehe udah ya, pakai di malam hari saja biar aman. Untuk frekuensinya, the Aubree brightening serum concentrate bisa dipakai setiap hari karena termasuk ke golongan eksfoliator lembut/rendah.

Aku pribadi pakai produk ini, 2 hari sekali. Bahkan kemarin pas sakit 1 minggu aku enggak sama sekali perawatan. Tidak muncul masalah berat di kulit. So, bisa dipastikan the Aubree aman dan tidak menimbulkan ketergantungan. 

Kesan untuk the Aubree brightening serum

Secara keseluruhan aku suka the Aubree brightening serum concentrate. Produk ini bisa memberikan manfaat atau kegunaan yang ditulis pada kemasan. 

✅ Mencerahkan kulit. Setuju. Serum ini bisa banget menjaga wajah agar tidak kusam. Apalagi buat kalian yang sering makeup-an.

Menghilangkan noda hitam? Dengan pemakaian singkat 3 bulan seperti aku, manfaat ini tidak begitu nampak.

Ada youtuber dokter kecantikan yang mengatakan produk niacinamide akan terlihat manfaatnya secara optimal di 6 bulan awal pemakaian. Untuk 3 bulan, sepertinya kulit nampak cerah aja udah cukup ya.

✅ Eksfoliator, setuju. Fungsi eksfoliator bisa aku rasakan. Tanda hangat dan tingling sensation saat pemakaian menunjukan ada proses pengelupasan kulit.

Wajah terlihat lebih cerah dan bersinar (memantulkan cahaya dengan baik) adalah tekstur yang bisa didapatkan dari proses eksfoliasi.

✅ Melembabkan. Ada juga nih. Kulit lebih terhidrasi dan tekstur lebih kenyal. Bagus untuk kulit kering. Pas pagi harinya kulit lebih banyak memproduksi minyak 👌 good

Terima kasih juga buat produk ini. Walaupun aku tidak pakai tiap hari, kulit jauh dari kata kusam. Kesan positif tidak datang dari mulutku aja, tapi orang lain juga kok. Suka ditanya pakai pemutih apa 😅 

Kalau di sini kan emang senengnya sama yang putih-putih jadi referensi produk skincare mereka ya "pemutih". 

Aku tidak punya foto before yang pantas. Paling ini ada sedikit penampakan kulit aku yang sekarang. Satu minggu berhenti pakai serum karena lagi sakit, kemudian malam hari sebelum difoto aku mulai pakai serumnya kembali. 

brightening serum

Kulit tidak kusam. Hanya saja aku merasa harus berhati-hati saat memakai produk pencerah seperti ini. Warna kulit kadang jadi enggak rata. Ini aku yang salah pakai atau gimana ya. Kejadian udah dua kali seperti ini.

Dulu aku pernah pakai produk asal korea, semacam treatment essence begitu. Aku sendiri awalnya enggak sadar dengan warna kulit yang tidak rata, tapi setelah diperhatikan lebih seksama warna kulit di pipi terlihat jauh lebih putih dibandingkan kulit di bagian lainnya (dagu, daerah mulut, hidung, dahi, pelipis).

Hal itu juga yang aku mulai lihat setelah memakai serum the Aubree ini. Bagian pipi nampak sedikit lebih terang. Walaupun masih belum terlihat kontras, bedanya masih sedikit, tapi aku mulai berhati-hati saat mengaplikasikan produk. Aku ratakan dengan benar. 

Dengan pemakaian 2 hari sekalipun sepertinya efektif untuk meminimalisir warna kulit yang tak rata. Warna cerahnya muncul perlahan dan bertahap.

Harga the Aubree brightening serum

Ukuran 30ml bisa didapatkan dengan harga Rp103.000,- di akun resmi the Aubree. Toko reseller lain menjual lebih murah loh, sekitar 89 atau 90ribuan.

Secara umum, harga produk-produk the Aubree bisa bersaing dengan brand lokal lainnya. Sisi yang harus ditingkatkan tentu racikan bahan-bahan yang dibuat agar kinerja zat - zat yang dipakai lebih efektif dan efisien. 

Lanjutan produk ini ada brightening serum booster dengan presentase niacinamide 10%, tapi banyak para ahli tidak menyarankan. Banyak artikel2 yang bilang cukup pakai niacinamide secara maksimal di angka 5%, tidak lebih.

Semoga the Aubree mengeluarkan produk serum niacinamide pada konsentrasi 5% ya. Sangat menantikan nih.

Highlight the Aubree brightening serum concentrate

1. Produk untuk mencerahkan dan melembabkan
2. Memperbaiki tekstur kulit
3. Eksfoliator lembut dengan AHA 2%
4. Kandungan niacinamide 2%
5. Cocok untuk semua jenis kulit

Saran untuk the Aubree

1. pertimbangkan efektivitas campuran bahan-bahan
2. highlight bahan yang bisa memicu iritasi di kemasan
3. highlight presentase zat aktif atau bahan utamanya di kemasan

Sukses terus untuk the Aubree 👏 

1 komentar

  1. Aku juga udah cobain beberapa produk Aubree, Mbak.. So far yang paling mengena di hati tu serumnya yang Niacinamide Skin Booster sama hydrating toner/essencenya. Serum yang ini malah belum pernah coba..

    BalasHapus