Beauty Diary by Rahma

Gonjang-ganjing Kabar Helwa Mengandung Bahan Berbahaya

Yang lagi rame gaes, produk Helwa disinyalir mengandung bahan-bahan berbahaya dengan kandungan di luar batas aman. Viral karena brand ini lumayan terkenal di dunia per-endorsan. Sering banget aku lihat di instagram gitu lah. Cuma tentu aku emang gak tertarik mencoba sejak pertama kali lihat produk itu. Malah heran aja banyak yang beli karena pada waktu itu kemasan produknya aja enggak jelas, cuma ditempelin merk apa logo doang.

Ingin lihat review dan kemasan produknya? lihat aja di [REVIEW] Helwa Beautycare | Ekspektasi VS Realita - Iren Daily Review itu udah cukup memperlihatkan kinerja produk Helwa. Asli, memang bisa bikin kulit putih.

Dari pengalaman bblogger di atas, dia ngasih komentar kalau krim malamnya berbau tajam dan ada sensasi clekat-clekit di muka yang agak perih gitu, tipe-tipe produk yang mengelupaskan kulit. Udah cukup 1x aja aku punya pengalaman dulu dengan tipe produk kayak gitu. Enggak mau lagi coba-coba yang sejenis.

Dengan hasil yang memutihkan, Helwa menjadi terkenal dan banyak dicoba. Tapi, tidak sedikit juga yang panik setelah pakai produk itu. Kulit panas, kemerahan dan pengelupasan berlebihan adalah hal yang sering dikeluhkan. 

Pernah baca komentar netizen budiman di video-video review Helwa di YT. Ada orang yang ketika berhenti pakai produk Helwa, kulit wajahnya terlihat gosong seperti habis dijemur matahari. Komentar begini enggak cukup sih kalau tanpa bukti. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang menguji keamanan produk Helwa secara mandiri.

Berawal dari pengujian merkuri oleh dr. Grand Lich terhadap produk Helwa. Dia menguji sendiri dengan tes kit merkuri. Enggak ke lab. Hasilnya, produk Helwa Whitening Night Beautycare Cream positif merkuri. Pengujian itu dilakukan pada Mei 2019.

Enggak lama dari situ, banyak yang merespon dong karena Helwa terkenal sering diendors artis dan public figure. Salah satu responnya dari Tasyi Athasyia, food vlogger yang juga saudaranya Tasya Farasya. Karena dia juga pakai produk itu, jadi dia langsung tes sendiri ke lab.

Aku gak nemu video asli Tasyi yang melakukan tes ke lab tapi ada yang reupload videonya, Tasyi menguji produk Helwa. Hasilnya, produk Helwa whitening night cream negatif merkuri. Nah, bingung kan?

Ada beberapa kemungkinan kenapa bisa beda. Pertama, produk yang mereka gunakan mungkin berbeda. Dengan kemasannya yang sangat sederhana, produk Helwa sangat mudah untuk dipalsukan. 

Kedua, Helwa merubah komposisinya. Ingat. Tidak tertera info komposisi di produk Helwa pada saat itu. So, itu membuat peracik dengan mudah gonti-ganti bahan yang ada di produk.

Ketiga, cara dan proses pengujian yang berbeda. Harus nanya ke ahli di bidangnya sih. Bisa gak sih kalau metode pengujian berbeda hasilnya juga berbeda? 

Btw, karena Tasyi ini menguji langsung ke lab, jadi pasti banyak orang yang lebih percaya hasil itu kan. Aku juga percaya kok dengan hasil lab Helwa negarif merkuri itu.

Kemudian dr. Richard Lee ikut juga menguji produk night cream Helwa pada november 2019. Di awal video dia ngomong, "udah mirip food vlogger itu belum....". Awalnya enggak ngeh food vlogger mana yang dia maksud. Setelah mikir2 lagi, baru paham deh siapa. So, video dr. Lee sepertinya ingin menindaklanjuti kontennya Tasyi.

dr. Lee menguji jenis produk Helwa yang sama ke lab yang sama, tapi yang diujikan kali ini ada dua macam, yaitu merkuri dan hidroquinon. Hasilnya, merkuri negatif tapi hidroquinon 57%. Aku ulang-ulang videonya apa bener 57 atau 5,7? Soalnya dr. Lee bilang batas aman penggunaan hidroquinon hanya 2-5%. DUAAAAAR kaget gak tuh. mau 57 atau 5,7 dua duanya di luar batas aman (TITIK).

Nah, di sini yang ditekankan oleh dr. Lee. Bebas merkuri belum tentu bebas dari bahan berbahaya lainnya

Enggak sampai di situ Agustus 2020 dr. Lee kembali menguji produk Helwa. Kenapa? Helwa sudah ganti kemasan. Jadi sudah tertera informasi seperti manufaktur, exp date, bpom, dan sticker-sticker lainnya. Apakah itu artinya sudah bebas dari bahan berbahaya?

Ada produk krim malam yang berkertas biru (etiket biru), tanda racikan gitu. Itu disorot karena obat racikan hanya bisa diberikan dalam pengawasan atau resep dokter sedangkan produk Helwa ini bisa bebas dibeli. Dr. Lee aja bisa beli dari e-commerce tanpa konsultasi.

Singkat cerita, semua produknya diuji lagi hidroquinonnya. Hasilnya, ada produk lotion yang masih mengandung hidroquinon di atas batas aman. Bagaimana dengan night cream? Masih sama juga gaes, Ganti kemasan tapi isinya masih sama aja, hq sebesar 5,7%

Nah, video yang lebih viral berujung perdebatan adalah ketika Kartika Putri membuat video dengan Helwa sebagai sebuah respon. Aku ambil kesimpulan gitu karena KarPut sendiri nyebut "PakLe" well it sounds like dr. Richard Lee atau Pak Lee? Enggak tahu apakah ini Helwa yang minta collab atau inisiatif KarPut sendiri.

***ada klarifikasi lanjutan dari KarPut. pakle di sini sebutan untuk paman, bukan untuk dokter Lee. Semisal pakde sama bukde gitu kali, ya.

Di video itu Karput mencoba secara langsung produk Helwa dan menginformasikan bahwa saudaranya juga pengguna setia Helwa. Sampai saat ini, mereka aman-aman aja kulitnya. Lewat video itu juga, pihak Helwa yang diwakili langsung oleh ownernya, Nabila dan Nabella (Bener gak sih?), membantah hasil pengujian yang menunjukan bahan-bahan berbahaya di produk mereka.

Klaim owner itu menurutku kurang bukti karena hanya mengandalkan testimoni pengguna Helwa dan sertifikat bpom. Apa arti sertifikat jika kandungannya memang tidak diuji? Kan video yang lagi viral tentang Helwa itu ada pengujian produk Helwa yang menunjukan kandungan bahan berbahaya di luar ambang batas aman. Seharusnya mereka juga punya bukti, semacam hasil pengujian, untuk mematahkan klaim itu.

Efek negatif bahan berbahaya bisa muncul dalam jangka pendek seperti kulit gatal-gatal atau kemerahan dan bisa juga dalam jangka panjang. Yang dicemaskan adalah para pengguna wanita ibu hamil dan menyusui yang bisa saja menyalurkan bahan-bahan berbahaya itu pada janin dan bayi. Dah lah.... 

------------------------Side story----------------------------------------------------------------------------------------

Ada kasus yang memanas. Karput mengundang dr. Lee untuk bertemu dan berdiskusi. Direkam semacam kolaborasi vlog gitu eh tapi disaksikan sama om nya Karput yang juga seorang pengacara.

Aku enggak nonton video itu soalnya panjang dan Karput banyak basa-basi. Video uncut di upload sama dr. Lee, tapi di channel karput sendiri aku enggak nemu. Sekilas aku lihat di Tiktok cuy. Karput banyak basa-basi dan seperti membela diri gitu. Kenapa mesti membela diri? Siapa yang menyerang dia?

Pengakuan dr.Lee sendiri dia mengira mereka mau membuat konten edukasi. Eh ujung-ujungnya malah dapat pertanyaan yang ngajak debat atau klarifikasi dan akhirnya selepas shooting dia dapat somasi dari pihak Karput.

So, sekarang si dokternya dapat dua kasus. Pertama kasus dengan Helwa. Kedua kasus dengan pihak Karput. Ini salah paham di awal bikin video sih malah jadi debat.

------------------------Side story end----------------------------------------------------------------------------------

Sebenarnya, side storynya enggak perlu dibedah. Kita yang berada di posisi konsumen dan calon konsumen hanya berhak tahu apa saja isi dari produk yang dijual. Itu yang paling penting. Semoga ada titik terang apakah Helwa aman untuk dipakai atau tidak.

Nah, adakah di antara teman-teman yang memiliki pengalaman saat memakai produk Helwa, khususnya produk night cream? Boleh share di sini.

Baca juga artikel tentang Cream HN ini ya. 

22 komentar

  1. akhirnya ada yg bahas masalah ini di blog juga.. wkwk.
    klo mnurutku ya si helwa dr awal emang udah nakal, bisa dilihat dr rekam kapan produk2nya baru di bpom kan dan stelah di bpom juga masih aja nyempilin bahan2 yg gak aman. susah mah niat klo udh gak beres ada aja akalnya. aku pribadi si gak akan nyentuh brand ini ..

    BalasHapus
  2. Finally ada yang bahas di blog jadi gw g harus nonton YT yang bertele tele itu 😭😭
    Pertama : dr. Lee menjadi bermasalah karena yang di masalahin sama dia produk yang Uda ber BPOM, dimana saat pengajuan BPOM ada uji lab sblm registrasi itu muncul
    Kedua : jelas aja karput kayak kebakaran jenggot dia public figure kalo bener itu krim ingredient nya ada HQ wididaw ancur sudah nama dia apalagi dia istri habib jiah gini aja Uda panen hujatan dia. Allahualam siapa yg bener dan salah dalam case ini
    Ketiga : krim yang ber label biru bisa di sanggah pihak helwa bisa aja di blg di palsukan atau gmna jadi di sini dr. Lee harus membuktikan kalo beliau dapat ntu produk dari sumber yang benar2 pabrikan helwa dan case ini kalo di terus2in bakal panjang kali lebar kali tinggi. I wish all the best buat dr. Lee, owner dan karput semoga berujung indah
    Ke empat salah satu panjang kali lebar nya ini case pihak BPOM akan ambil sample acak di pasaran kemudian di cocokkan dengan sample tertinggal dari batch yang sama kalo terbukti ada perbedaan bakal di telusur terus ada apa ? OMG bakal panjang kali lebar kali tinggi beneran ini 😭

    Opini pribadi bisa benar bisa salah tergantung cara pandang yang baca sich hehehe

    Btw salam kenal mba Rahma

    Apt. Dian

    BalasHapus
  3. Ohh ky begink toh ceritanyaa... Sy sempet nnton video krput di ig yg bilang kalo dia (which is mean dr lee) mafia, punya bnyk preman, trus neror ke rumah dll... Serem ini duh, tp td abis liat YT dr lee kalo dia menang sidang ttg Helwa ini.. hadeuh bik buruk org emang gabisa ditebak hanya Allah yh tahu..

    BalasHapus
  4. saya baru baca blog ini
    tapi apapun
    aku korban ultimate night creamnya helwa
    krn wktu itu wajah berjewat bgt pas brhnti dr theraskin yg cream mlm ( racikan krn potnya jg kosongan )
    brhnti theraskin aku langsung ke helwa nightcream
    demi apapun itu emg cepet bgt kempesin jerawat & bekasnya dan wajah jd cerah putihan dr sebelumnya hanya dlm wktu kurang lebih 10hr ( pantes bnyak yg review bagus )
    niat cuma mau nyembuhin jerawat kan ya... jd pas jerawat sembuh aku berhenti dong
    setelah seminggu berhenti terlihat bgt kalo muka jadi lebih lebih kusam dari sebelum pake helwa... jadi kyk gosong 😭😭😭
    sekarang coba turun ke whitening creamnya helwa krn aku pikir pake yg dosis rendah dulu baru bener2 lepas
    nah ternyata pake yg ini lamaaaaa bgt mau cerahnya yg gosong ini smpe hampir sebulan ga ada perubahan
    jadi itulah pemirsah pengalaman pribadi 😭
    semoga setelah dpt 1 pot yg dosis rendah ini bisa bener2 lepas dr helwa 😭😭😭

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah... Allah kasih petunjuk. Emng dari dulu aq g suka produk2 yg aneh2.kmrn sempet kepikir mau beli helwa, eh ternyata ada testimoni bisa ketergantungan... Y udh deh aku balik aja yg kelama ponds/garnier proses putih nya lama tpi yg pnting lumayan aman lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Sedikit sharing ya kak
    Dlu aku pernah pakai produk helwa
    Udh pemakaian ke 11 kali.
    Dan cocok bngt ka. glowing, bersih, bahkan jarang jrwtn. Paling cuma pas lg menstruasi aj dan itu cuma 3 hari lngsung kempes, ga ninggalin bekas.
    Cuma kok pas akhir” itu sering bruntusan di muka.
    Aku merasa kulit mukaku mulai sensitif pas pulang ke rumah ku yg di daerah puncak
    Nah klo pas aku plng di rumah yg puncak it baru bberapa hari disana mungkin 3 harian lngsung bruntusan (apa karena ga cocok airnya yg dingin? Atau kulit jd sensitif karena pke helwa?), tp pas aku nanti balik ke rmh ku yg di dataran rendah gt biasa lg ga bruntusan ka. Dan bruntusannya tuh yg kaya kering keluar komedo putih gt kak, kasar kulit mukanya.
    Aplgi trs denger helwa mengandung hq 5,7% kmrn itu
    Aku stop ka. Trs aku pakai produk lain malah jd jerawatan parah, pdhl sblm beralih ke produk yg baru udh aku netralin slm 1 bulan.
    Sedih bngt 🥲
    Tapi Alhamdulillah nya waktu aku berhenti pakai helwa itu ga pke krim slm 2 mingguan (karena aku sempat opname) ga menimbulkan jrwt, ga bruntusan, dan ga kusam mukaku.
    Cuma pas begitu pke produk yg lain lngsung kaya ternak jerawat 🥲😭😭

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Akhiry ngerti jg plot y. Makasih mbak utk berbagi infonyg jelas....

    BalasHapus
  17. Terima kasih kepada teman2 yang sudah berkomentar dan berbagi pengalaman di sini 🙏

    BalasHapus
  18. Aku udh pake helwa sekitar 2-3 thn, diakhir bula juli aku stop semuanya, sejak tgl 1 agustus sampe 13 agutus aman” aja eh pas tgl 14 muka aku beruntusan kecil” bahkan sampe kuping, gatel banget dan sekarang lebih parah beruntusan nya :(

    BalasHapus
  19. Saya ingin sharing sedikit masalah skincare. Kalau ingin mencoba sesuatu merek skincare harus tahu dulu permasalahan kulit dan mulailah dengan skincare basic dulu sampai produknya habis. Kalau tidak ada efek aneh2 itu berarti skincarenya cocok. Masalah terjadi efek aneh2 itu biasa terjadi karena reaksi bahan kimia yg ada pada skincare itu biasa melakukan penyesuaian dengan kulit terlebih dahulu apalagi kalau sering gonta ganti skincare. Masaaah brand Helwa berbahaya atau tidak itu tergantung kondisi kulit kita. Biasakan membeli barang terutama skincare di agen resminya, karena saya lihat banyak yg baik2 saja dengan brand ini dan bahkan sudah lama memakainya. Jadi kita sebagai konsumen bijaklah dalam menilai sesuatu agar tidak terjadi hal2 yg merugikan orang lain. Terimakasih

    BalasHapus
  20. Baru beli ultimate cream night nha, baru aku pake hr ini tgl 9 januari baru pake lgsg panas yaa clekat clekit dikulit gatal gitu ya Allah mau nangua bgt, semoga gpp sm kulit aku

    BalasHapus
  21. Saya baru kenal skincare baru2 ini usia udah menjelang 50...dan kenal helwa pas nonton tik tok...iseng2 beli ..beli paket pemula...wow kulit jadi putih bersih..flek memudar sklpun cuma sikit..hbs satu paket ganti paket colagen utk kerutan diwajah baru pemakaian 3 kl kulit terasa sangat panas...trus sy hentikan...kulit sy jd hitam..dan timbul flek atau gosong agak kurang faham..sy jd bingung katanya helwa udah aman kok terasa panas dimuka..sy suka diawalnya dan nyesal diakhirnya..utng kok baru hbs sepaket ..moga cepat diatasi muka gosongnya..

    BalasHapus