Beauty Diary by Rahma

Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner

| on
February 16, 2017
Selamat Pagi!

Kali ini aku mau ngereview produk dari brand kecantikan lokal sejuta umat yang udah lama gentayangan di toko dan di tv. Telat banget ya ngereview eyeliner dari Wardah ini. Sebenarnya pas awal dia muncul, aku udah mau beli, tapi gel eyeliner masih ada. Baru-baru ini gel linernya mulai kering dan seret banget dipakai, bikin kulit kelopak mata sakit. Iya, kulit daerah mataku agak sensitif. Harus pakai yang lembut-lembut. Jadi aku putuskan untuk beli eyeliner lagi.

Buatku eyeliner itu make-up kedua terpenting setelah gincu. Bedak dan alas bedak mah hukumnya wajib. Tapi kalau soal dekoratif cukup dengan eyeliner dan gincu, berdandan jadi terasa lengkap. Kecantikan dan percaya diri meningkat 200%.

Review Wardah Eyeliner

Aku udah coba hampir semua macam eyeliner kecuali eyeliner cair. Biasanya eyeliner cair itu finishingnya glossy, jadi aku kurang tertarik untuk beli. Walaupun eyeliner itu barang terfavorite, tapi aku gak terlalu maksain untuk beli eyeliner mahal. Yang penting dia nyaman digunakan aja. Gak bikin kulit perih dan gak seret dengan finishing matte <3.

Nah, Wardah eyeliner dengan bentuk pen ini harganya kurang dari 100.000 IDR, bisa kalian dapatkan di counter wardah yang menurutku sudah menjamur di berbagai supermarket dan tempat belanja lainya. Gampang di temukan ya. Di Garut, kalian bisa beli di Yogya dan Asia. Di toko kosmetik juga ada, tapi lebih baik beli di counternya. Menjaga keaslian produk dan harga.

Where to buy
Counter Wardah
Harga
75.000 IDR
60.000,- (setelah diskon 20%)

Mahal gak sih? Buat pelajar *normal* mungkin agak mahal ya. Amanya sih ada di kisaran 50K agar dikatakan murah oleh semua kalangan. Khusus untuk orang yang sudah kerja, harga segini sih sudah termasuk murah. Tapi, apa sebanding dengan kualitasnya? yuk kupas... 😏

Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner


Kalian bisa lihat gambar bentuk dari Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner berupa pen berwarna silver. Deskripsi produk dan komposisi bisa ditemukan di badan produk. Hanya saja itu ditulis di atas plastik pembungkus, bukan pada badan eyelinernya.

Ada empat kata yang menarik perhatianku. Expressive, consistent, long wear dan china. Tiga kata pertama boleh dibilang jaminan kualitas dari produk. Kata terakhir, china, membuat aku tertarik karena "ini kan brand lokal, kok ada negara lain?". Ternyata wardah eyeliner EyeXpert Optimum hi-Black Liner dibuat oleh Shanghai Beukay Cosmetics di Shanghai, China untuk PT. Paragon.

Wardah Eyeliner pen

Pffuuuuiihh kirain dapat barang palsu. Gak mungkin juga kalau ini barang palsu, kan aku beli langsung dari counter Wardah. Habis gimana ya, aku punya feeling gak enak kalau sudah membaca "china" pada suatu produk. Walaupun tidak semua barang dari china itu jelek atau palsu, tapi kebanyakan ya begitu lah. Anyway, ini kan cuma minta dibuatkan oleh perusahaan china itu, tentu spesifikasi dan kualitas produk merupakan "desain" dari Si peminta yakni, PT. Paragon-nya atau Wardah-nya. 

Kuas aplikatornya lumayan panjang dan runcing. Wardah eyeliner pen ini mudah dikendalikan saat membuat garis. Bisa untuk garis tebal ataupun garis tipis. Bisa juga untuk bentuk garis simple ataupun garis dramatis. Saking nyamanya, aku selalu ingin membuat garis dramatis. Biasanya selalu deg-degan bikin garis apalagi wing, tapi sekarang jadi terasa gampang. Kuasnya meluncur dengan baik di kulit dan mudah dikendalikan sesuai keinginan.

Selain bentuk, kelembaban kuas pun menjadi alasan eyeliner ini mudah digunakan. Kuasnya sangat basah. Jadi terasa dingin dan licin saat digoreskan ke kulit sehingga tidak membuat kulit perih. Bagus untuk kulit sensitif.

Tekstur lembab memang bagus, tapi kalau terlalu "basah" kurang baik juga. Terutama hubunganya dengan kerapihan garis. Walaupun mudah dikendalikan saat membuat garis, namun garisnya sendiri susah rapih. Dari jauh memang garisnya bagus. Setelah aku zoom baru kelihatan berantakan. Awalnya aku kira aku aja yang gak becus bikin garis. Trus aku coba rapikan lagi. Garis yang awalnya punya ketebalan normal lama-lama berubah kaya alis sinchan dan masih belum rapih. 

Aku menyerah, biarlah gak begitu rapih. Masih kelihatan bagus. Trus aku coba bikin garis di telapak tangan atas. Hmmm baru deh ketahuan. Teksturnya terlalu basah yang agak sulit untuk kering membuat garis tidak konsisten. Karena cair, produknya masuk dan meleber sendiri mengikuti lipatan-lipatan halus di kulit, layaknya air yang bisa masuk dan mengalir ke celah-celah paling kecil. Jadi garis yang ku buat selalu berantakan ketika dilihat secara detail. Harus hati-hati membuat garis dan jangan banyak bergerak sampai benar-benar kering agar garis tidak berantakan. Akhirnya aku selalu membuat garis setipis mungkin, biar saat dirapihkan ketebalanya tidak bertambah.

eyeliner pen wardah


Kemudian aku coba bawa kerja keluar. Mulai dipakai pukul 10.00 hingga pulang ke rumah jam 15.30an. Dan foto di atas adalah hasilnya. . . 5 jam nempel di mata, dia tidak terkena air ataupun gosokan karena takutnya berakhir seperti percobaan pertama. 

Waktu itu, sesaat setelah beli aku langsung coba eyeliner Wardah ini di rumah. Memang sih ada rasa "ini basah banget, susah keringnya deh". Warnanya hitam pekat dan terlihat glossy diawal pemakaian. Bagus sih, sekali gores langsung hitam. Intens banget. First impression "wow. . . hitam dan mudah dipakai. . . keren". Tidak menunggu eyelinernya kering, aku langsung keluar kamar. Kakaku udah bilang "Ih gak rapih (eyelinernya)...". Tapi aku gak peduli, emang aku pakai eyelinernya gak begitu hati-hati. Mengobrol dan makan gak sampai sejam lah. Pas balik ke kamar untuk ngaca, eh eyelinernya udah bubar. "what's wrong?" padahal gak kena air, gak aku gosok juga. Tapi untungnya dia gak transfer, gak belepotan kemana-mana, dan gak bikin mata panda juga. Cuma menghilang aja kaya avatar.

Aku kira eyeliner dengan harga segini sudah bisa tahan gosokan dan waterproof, ternyata tidak. Di hari kedua, aku pakai wardah eyeliner dengan sangat hati-hati. Membuat garis simple dan menunggu sampai benar-benar kering. Malah aku kipas-kipas juga biar cepet kering. Kali ini dia gak hilang seperti kejadian pemakaian pertama. Warnanya lumayan masih terlihat hitam pekat di mata. Kemudian aku coba gosok-gosok untuk mencoba apakah dia tahan gosokan. Dan hasilnya adalah gambar di bawah ini.

wardah eyeliner pen

Digosok aja pudar apalagi kalau digosok sama air xD. . .Dari kejadian itu aku simpulkan eyeliner Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner ini harus ditunggu lumayan lama hingga benar-benar kering sampai warnanya berubah matte, baru kita bisa bergerak bebas. Dengan begitu dia bisa berumur panjang di kelopak mata. Terakhir, berhati-hati! dia tidak "LONG WEAR" kalau kena gosokan dan air.

Aku gak suka nunggu lama, jadi aku pernah ngakalin tekstur cair eyeliner wardah ini dengan ditaburi bedak translucent biar cepat kering dan tahan lama hehe. . . Memang warnanya tidak sehitam tanpa bedak. Aku bawa tidur selama dua jam dan eyelinernya sebagian besar masih bertahan. Hanya pudar sedikit di bagian dekat bulu mata.

So bagaimana kemampuan wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner ?
1. Expressive? expressive ini artinya apa ya? hehehe apakah eyeliner ini bisa menunjukan kreatifitas kita dalam membuat garis mata dengan mudah? yes, mudah dikendalikan, dan kalian akan suka membentuk berbagai macam garis di mata. Tebal, tipis. Simple atau dramatis. Belum lagi dengan warna hitamnya yang intens. Sekali oles langsung hitam, mempertegas bentuk mata.
2. Consistent? soal warna, yes. dioles beberapa kali pun warnanya tetap hitam. hanya saja teksturnya yang cair membuat kita harus sangat berhati-hati saat membuat garis.
3. Long wear? Yes and No. Kita perlu menunggu hingga benar-benar kering, baru dia akan menempel lama dan itupun tanpa gosokan ataupun air ya. Dia mudah banget hilang pas digosok tanpa air sekalipun.
4. Waterproof? NO NO NO NO

What I like?
- warna hitam intens
- nyaman dipakai

What I dislike?
- tidak tahan gosokan
- tekstur terlalu cair
- tidak waterproof

Satu-satunya daya tarik yang membuat orang penasaran beli eyeliner Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner adalah warnanya yang pekat. Selebihnya aku menyayangkan saja. Harganya lebih mahal dibandingkan produk lokal lain yang memiliki kualitas - bisa dikatakan - sama. Terutama dalam hal LONG WEAR.
Harga asli 75K memang murah tapi kalau tidak smudge-proof dan waterproof kayaknya masih bisa dibandrol dengan harga kurang dari itu. Gel eyeliner-nya aja yang menurutku teksturnya lebih baik dari ini berada di bawah 50K.
Aku lebih baik nambah duit dikit lagi untuk dapat kualitas yang benar-benar memuaskan. Kalau kualitas masih begini mending beli produk lain atau gel eyelinernya saja.
Tapi balik lagi ke kalian, lebih senang pakai eyeliner tipe apa? Pensil, pen, liquid atau gel? Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner ini sangat mudah dikendalikan, mungkin bisa pilihan untuk kalian yang baru belajar membuat garis mata. Belum lagi warna hitamnya yang WOW.

Penasaran? Selamat mencoba :)

eyeliner bagus untuk pemula


Follow this blog via GFC
Thank you ^^
XOXO
35 comments on "Wardah EyeXpert Optimum hi-Black Liner"
  1. Ah aku baru aja beli eyeliner ini kemarin, belum sempet aku coba. Iya bener Rahma, aku tertarik beli juga karna dia itemnya pekat banget. Tapi ternyata nge-set-nya lama ya? Tar deh aku uji coba juga..

    Oiya ini agak salah fokus si, kamu kalo editing pake apa? Bisa bikin efek bokeh ala-ala itu. Potonya jadi makin cantik diliat :D

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati2 aja sih, Teksturnya g cepat kering...

      Aku pakai photoshop utk editing,, download high resolution background/gambar bokeh trus kasih efek 'screen'. Baru foto utama disimpan di bawah layer bokeh. Pusing ya? Susah dijelasin tanpa gambar mah 😂

      Delete
  2. ini eyeliner ketigakuu, kupikir bakalan waterproof ternyata enggak T^T
    warnanya item banget sih, tapi dibuat wudhu sekali udah ilang hiksss
    aku anaknya males touchup sih, apalagi eyeliner T^T
    jadi agak kecewa beli ini huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka sih, cuma g suka harganya... :v

      Delete
  3. kayanya mending maybeline hyper sharp liner deh :D.. #nunnggudiskongede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puguhan pingin beli maybeline itu, tp kemarin masih penasaran sama wardah.

      Delete
  4. makasih reviewnya mbak. Racun racun haha. :p

    ReplyDelete
  5. belum pernah pakai eyeliner pencil gitu, takutnya susah aplikasiinnya. hihihi
    jadi pengen coba :)
    makasih reviewnya kak :)

    mynurisaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku pake ini lumayan gampang :)

      Delete
  6. Ah.. saya tertarik sama kuasnya, tapi setnya lama ya.. duh.. suka buru-buru saya pakenya kalau ke kantor.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. teksturnya basah banget, kurang bagus kalau dibawa buru. . . :D

      Delete
  7. Apalagi packagingnya gampang kotor. Makanya aku juga takut pake eyeliner macam gitu. huhu

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak masalah sama packagingnya, , masih bersih2 aja . . karena masih jarang dipake xD . ..

      Delete
  8. Sukaaaaaa banget. Pertama kali nyoba langaung jatuh hati

    ReplyDelete
  9. hiks sayangnya ini menurutku termasuk product i don't want to buy again. smudge parah apalagi kalo eyelid-nya oily banget kaya aku hiks... dan baru 3jam pemakaian pasti udah bleber kemana-mana hikss cuma kalau untuk mudah dipakai ini mudah sihh hehehe

    anyway mampir juga ya ke
    http://pieorangejuice.blogspot.co.id

    triiimss,
    Bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups,, dia cuma tahan lama kalau gak diapa-apain,,, lama keringnya jadi suka meleber ke sana-sini

      Delete
  10. ka rahma aku gasuka harganya sama hahaha lol. aku penasaran sama eyeliner ini tapi masih ada beberapa eyeliner pen dirumah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, , kualitasnya nanggung, jadi harga kelihatan mahal. Wuiih pen linernya banyak nih liana. . . :D aku mah beli satu keluar satu, , ,

      Delete
  11. Wah ini lumayan tahan lama ya? boleh dicoba nih abis selama ini pake eyeliner suka smudging huhu. Anyway, salam kenal :)

    xx
    Dee | The Jackie of All Trades

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gak smudge proof loh, efeknya 'ajaib' digosok hilang gitu hahah :D. .

      salam kenal dee. . .

      Delete
  12. yah sayang banget hasilnya...padahal ak ada niat mau coba beli huhu T_T

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kualitasnya emang nangggung sis,,, xD

      Delete
  13. Eyeliner pen ini bagus, ujungnya lancip, precise bener hasilnya. Very recommended!

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang masih belajar, eyeliner ini oke..

      Delete
  14. Weleh, kayanya gak bakal lama nih di eyelid ku. Minyakan.\

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOT recommended banget mba vin xD . . .

      Delete
  15. Hai mbak salam kenal.. Saya belum pernah nyoba sih mbak selama ni saya pakenya maybelline .. Hehehe terimakasi infonya ya mbak membantu sekali 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal vika,, kapan2 aku juga mau nyoba maybelline ahh xD

      Delete
  16. kok gw baek2 aja yah Rah.. wkwk, ya sukanya sih so-so aja. Tapi pekejingnya itu kalo udah lama jadi baret, gak foto-able dah T.T


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya, , , punyaku si plastik pembungkusnya masih nempel, so far masih kelihatan rapih, bersih, ganteng. . . xD #jodohidaman

      Delete
  17. aku juga suka eyeliner ini, tapi sayang packagingnya nggak lama jadi mengelupas gitu ya hiks

    ReplyDelete
  18. Ternyata gak sebagus itu ya.. kukira dia waterproof dan smudgeproof.. ternyata ngga > <
    Thanks for the review, sangat bermanfaat ^^

    vanillaberrys.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Suka banget sama eyeliner wardah ini, cuma cepet banget kering dan bocor malahan jadinya banyak produk kebuang, tapi aku suka banget makanya beli terus 😊 -tifanydheanisa.wordpress.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkomentar. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tinggalkan link blog di "name/url", bukan link artikel. Link hidup di kolom komentar langsung dihapus :)

Custom Post Signature